Belajar Photoshop Bareng Kelas Blogger 19 di Kantor KASKUS

Alhamdulilllah, akhirnya terpilih untuk mengikuti Kelas Blogger Ke-19, setelah menanti sekian lama akhirnya bisa ikutan juga, yaps Kelas Blogger Ke-19 kali ini mengusung tema belajar photoshop utuk mengolah tampilan gambar di blog agar lebih menarik dan “nyaman” untuk di lihat dan bertempat di kantor Kaskus.

*image from kelasblogger.com

#KelasBlogger merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan para blogger sebagai aktivis media sosial yang lebih profesional. Komunitas ini mulai dibentuk di Jakarta, tanggal 15 November 2015.

#KelasBlogger di awal berdiri komunitas ini, dibentuk oleh sekitar 10 blogger yang bergabung. Perjalanan waktu sampai tahun 2017 sudah ada lebih dari 700 blogger yang telah mengikuti pelatihan #KelasBlogger.

Setiap bulan sekali #KelasBlogger mengadakan kegiatan rutin di dalam maupun di luar ruangan. Kegiatan ini tidak hanya terbatas diikuti oleh anggota semata, melainkan siapapun yang ingin bergabung dipersilahkan untuk hadir. Prinsip utama dalam penyelenggaraan kegiatan di #KelasBlogger adalah berbagi. (source from http://www.kelasblogger.com/profil/ )

Kelas Blogger 19 kali ini diselenggarakan di kantor Kaskus yang poluler dengan sebutan Kaskus Playground, kantor Kaskus terletak di Menara Palma Annex Building P11, Jl. H. R. Rasuna Said Blok X2 Kav 6, Kuningan, Kota Jakarta Selatan.

KASKUS adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mereka butuhkan. Jutaan orang menggunakan KASKUS untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik.

KASKUS terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk. Forum diskusi KASKUS kerap memberitakan informasi yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain. FJB KASKUS juga terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk menemukan segala macam produk & jasa. (source from https://www.kaskus.co.id/ )

*persiapan acara yang di pandu oleh MC dari kelas blogger captured by awalpermata
*captured by awalpermata

Kelas Blogger yang ke 19 kali ini membahas tentang photoshop yang digunakan untuk mengolah gambar / photo yang ditampilkan di dalam blog yang kita gunakan agar menarik dan membuat visitor blog kita menjadi betah dan berlama-lama mengunjungi blog kita.

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor buatan Adobe System yang dikhususkan untuk pengeditan foto dan pembuatan efek, sehingga foto menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. pemateri Kelas Blogger Ke 19 adalah Kang Hafiez beliau merupakan freelancer photografer yang kali ini akan share tentang mengolah foto di blog.

*photo Kang Hafiez ketika menjelaskan mengolah photo menggunakan photoshop captured by awalpermata

langkah pertama sebelum memulai adalah dengan mengistall adobe photoshopnya terlebih dahulu, ada yang tersedia portable dan yang membutuhkan serial code sebelum menggunakannya, di kelas blogger kali ini menggunakan adobe photoshop portable, berikut link downloadnya [DISINI]

*persiapan awal sebelum mengedit photo captured by awalpermata

setelah selesai materi photoshop dilanjutkan materi dari Agan Yuda yang menyampaikan tentang Kaskus Creator dan bagaimana cara mendaftar di Kaskus beserta apa saja keuntungannya.

*presentasi dari agan yuda tentang kaskus creator captured by awalpermata

*image from creator.kaskus.co.id

Kaskus Creator merupakan wadah bagi yang memiliki hobi tulis-menulis untuk mengembangkan serta mengasahnya menjadi kegiatan positif yang menghasilkan. Setiap tulisan orisinil, berkualitas dan menarik yang posting di forum KASKUS akan mendapatkan apresiasi lebih berupa Poin yang dapat ditukarkan menjadi saldo Kaspay, dan saldo Kaspay bisa diwithdraw menjadi uang ke rekening bank milik kita.

Kumpulkan Poin lewat jumlah views yang didapat dari setiap thread (artikel) yang kita post di Kaskus. Semakin tinggi views, semakin banyak Poin yang akan kita dapatkan. Untuk Redeem Poin, kumpulkan poin sebanyak mungkin dan tukarkan menjadi Saldo Kaspay. Kita bisa mencairkan Saldo Kaspay tersebut ke rekening milik kita kapan saja.

*video from creator.kaskus.co.id

sebelum daftar Kaskus Creator harus punya ID Kaskus dulu yaa, kemudian pernah membuat minimal 1 Thread di forum KASKUS. aktif berkomentar di forum KASKUS (minimal 5 post). dan terus keep posting di Kaskus agar bisa meningkatkan jumlah visitor thread yang kita buat serta menambah jumlah teman di Kaskus.

langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri (ID Kaskus) yang sudah dibuat menjadi Kaskus Creator di http://creator.kaskus.co.id , jika sudah memenuh syarat makan kita akan menerima PM (private massage) ke ID Kaskus yang di daftarkan.

setelah terdaftar di Kaskus Creator segera membuat thread yang orisinil dan menarik agar visitor thread bertambah.

proses verifikasi (review thread) terlebih dahulu selama maksimal 3 hari kerja untuk mengecek orisinalitas dan kualitas konten. Selama proses verifikasi, thread yang kita buat akan tayang seperti biasa di situs KASKUS.

agar thread kita lolos review minimal 2000 karakter dan tentunya pilih tema yang sedang trending dan hindari copy-paste karena akan mengakibatkan thread kita tidak lolos review.

terverifikasi menjadi KASKUS Creator, thread yang lolos proses verifikasi  akan berubah status menjadi “Lolos” atau “Tidak Lolos” jika belum memenuhi persyaratan KASKUS Creator, setelah terverifikasi lolos maka thread kita jumlah poinnya bisa ditukarkan menjadi pundi-pundi rupiah, sungguh menarik tentunya.

berikut contoh ketika thread yang kita buat lolos ke Kaskus Creator

*image from ID Kaskus awalpermata
  1. Melalui Website
    • buka https://www.kaskus.co.id/ 
    • pilih Daftar Sekarang
    • masukan username kaskus yang diingikan, email dan kata sandi. kemudian klik daftar.
    • verifikasi email yang di daftarkan kemudian login dengan memasukan username kaskus berserta password.
    • berikut adalah ID Kaskus yang sudah di daftarkan.
  2. Melalui Smartphone Andoid [Karena Smartphone yang digunakan berbasis android]
    • buka Google Play Store, lalu masukan Kaskus pada kolom pencarian buka applikasi Kaskus yang sudah di install, dan pilih daftar.
    • masukan username yang diinginkan, email dan pasword. verifikasi email buka kembali apps Kaskus.
    • account Kaskus siap untuk digunakan #keepposting

Terimakasih Kelas Blogger dan Kaskus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *